Bitmap vs Vector

Anda tertarik memasuki dunia desain? Jika ya pasti Anda tidak menyesal.
Desain, saat ini sangat kental dengan komputer. Lalu bagaimana komputer grafis itu?
Komputer Membagi gambar grafis kedalam dua kategori pokok. Yaitu bitmap dan Vector.Gambar Bitmap secara teknis disebut gambar raster, yaitu gambar yang tersusun dari marka titik-titik (dot atau pixel). Ketika mengerjakan gambar bitmap, pada dasarnya kita mengedit sebuah titik-titik, bukan obyek atau bentuk. Gambar bitmap seringkali digunakan oleh media elektronik untuk gambar continous tone, seperti fotografi atau lukisan digital, karena yang diperlihatkannya adalah gradasi halus sebuah bayangan dan warna.
Gambar bitmap dapat kehilangan detailnya ketika diskala pada layar karena ketergantungan resolusi, bitmap terdiri dari sejumlah pixel, dan masing-masing pixel diposisikan pada lokasi tertentu dan memiliki nilai warna. Gambar yang dikonversi kedalam format bitmap dapat tampak bergerigi jika dicetak pada resolusi rendah karena masing-masing ukuran pixel bertambah besar.
Gambar vektor terbuat dari definisi garis dan kurva secara matematis. Yang artinya gambar vektor dapat di geser, diubah ukurannya, diubah warna garisnya tanpa kehilangan kualitas gambarnya.
Gambar vektor relatif terhadap resolusi, artinya gambar vektor dapat diskala dalam ukuran berapapun dan dicetak dalam resolusi berapapun tanpa kehilangan detail dan tetap jelas. Maka gambar vektor dapat menjadi pilihan tepat untuk memperlihatkan gambar yang harus menjaga keutuhan garis pada saat diskala keberbagai ukuran, misalnya gambar logo perusahaan.

Advertisements

One Response

  1. Neat artikel pak, sangat informatif. Informasi tambahan bagi para illustrator ataupun para concept artists yang memakai pen display ataupun wacom product lainnya. (www.wacom.com) ,baik 2D maupun 3D pada akhirnya akan dibutuhkan kombinasi lebih dari 1 aplikasi untuk mencapai hasil maksimal. ex”Zbrush,Maya,Mental Ray,Blender + PS”, Mengingat perusahaan raksasa adobe yang tidak pernah menyerah untuk mengusung fitur2 pada Adobe illustrator ke Photoshop. hingga saat ini saya sendiri masih menggukan PS untuk dummie sketch ataupun artwork enhancment dengan min 300 – 600dpi standar print out (raster image) lebih besar lebih baik akan tetapi membutuhkan memory extra. bagaimanapun juga raster bukanlah vector. tapi hi-ress raster tetap mendunia dan menjadi pilihan saya. salam concept art!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: